Drama
Tari Berdialog
Drama
tari berdialog adalah drama tari yang pengungkapan ceritanya disamping
menggunakan gerak tari juga dengan menggunakan dialog. Drama tari atau
sendratari adalah drama yang diungkapkan dengan gerak tari, terkadang dibantu
dengan tembang/lagu. Tata rias adalah penggunaan alat kosmetik sesuai dengan
karakter yang akan dipergunakan. Tata panggung adalah tempat atau ruang yang
digunakan untuk pentas pargelaran seni tari atau seni musik.
Adapun Jenis Drama Tari Berdialog,
diantaranya :
1. Drama Gong
Drama Gong adalah sebuah bentuk seni
pertunjukan Bali yang masih relatif muda usianya yang diciptakan dengan jalan
memadukan unsur-unsur drama modern (non tradisional Bali) dengan unsur-unsur
kesenian tradisional Bali. Dalam banyak hal Drama Gong merupakan
pencampuran dari unsur-unsur teater modern (Barat) dengan teater tradisional
(Bali). Nama Drama Gong diberikan kepada kesenian ini oleh karena
dalam pementasannya setiap gerak pemain serta peralihan suasana dramatik
diiringi oleh gamelan Gong (Gong Kebyar). Drama Gong diciptakan sekitar tahun 1966 oleh Anak Agung Gede Raka Payadnya dari desa Abianbase (Gianyar). Diakui oleh penciptanya bahwa Drama
Gong yang diciptakan dengan memadukan unsur-unsur drama tari tradisional
Bali seperti Sendratari, Arja, Prembon dan Sandiwara dimaksudkan sebagai sebuah prembon
(seni campuran) modern.
Unsur-unsur
teater modern yang dikawinkan dalam Drama Gong antara lain :
Karena dominasi dan pengaruh kesenian klasik atau
tradisional Bali masih begitu kuat, maka semula Drama Gong disebut
"drama klasik".
Adalah
I Gusti Bagus Nyoman Panji yang kemudian memberikan nama
baru (Drama Gong) kepada kesenian ini berdasarkan dua unsur baku (drama dan
gamelan gong) dari kesenian ini. Patut dicatat bahwa sebelum munculnya Drama
Gong di Bali telah ada Drama Janger, sebuah kesenian drama yang
menjadi bagian dari pertunjukan tari Janger. Dalam banyak hal, drama Janger sangat mirip
dengan Sandiwara atau Stambul yang ada dan populer sekitar
tahun 1950.
Drama
Gong adalah
sebuah drama yang pada umumnya menampilkan lakon-lakon yang bersumber pada
cerita-cerita romantis seperti cerita Panji (Malat), cerita Sampik
Ingtai dan kisah sejenis lainnya termasuk yang berasal dari luar
lingkungan budaya Bali. Dalam membawakan lakon ini, para pemain Drama Gong
tidak menari melainkan berakting secara realistis dengan dialog-dialog verbal
yang berbahasa Bali.
Para
pemeran penting dari Drama Gong adalah:
|
Para pemain mengenakan busana tradisional Bali, sesuai dengan tingkat status sosial dari peran yang dibawakan dan setiap gerak pemain, begitu pula perubahan suasana dramatik dalam lakon diiringi dengan perubahan irama gamelan Gong Kebyar. Masyarakat Bali mementaskan Drama Gong untuk keperluan yang kaitannya dengan upacara adat dan agama maupun kepentingan kegiatan sosial. Walaupun demikian, Drama Gong termasuk kesenian sekuler yang dapat dipentaskan di mana dan kapan saja sesuai dengan keperluan. Kesenian Drama Gong inilah yang memulai tradisi pertunjukan "berkarcis" di Bali karena sebelumnya pertunjukan kesenian bagi masyarakat setempat tidak pernah berbentuk komersial. Drama Gong mulai berkembang di Bali sekitar tahun 1967 dan puncak kejayaannya adalah tahun1970. Pada masa itu kesenian tradisional Bali seperti Arja, Topeng dan lain-lainnya ditinggalkan oleh penontonnya yang mulai kegandrungan Drama Gong. Panggung-panggung besar yang tadinya menjadi langganan Arja tiba-tiba diambil alih oleh Drama Gong. Namun semenjak pertengahan tahun 1980 kesenian ini mulai menurun popularitasnya, sekarang ini ada sekitar 6 buah sekaa Drama Gong yang masih aktif.
Sekaa
- sekaa Drama Gong yang dimaksud antara lain adalah :
- Drama Gong Bintang Bali Timur
- Drama Gong Duta Budaya Bali
- Drama Gong Dewan Kesenian
- Drama Gong Dwipa Sancaya
- dan lain-lain
Terakhir
muncul Drama Gong Reformasi yang didukung oleh para bintang Drama
Gong dari berbagai daerah di Bali.
2. Calonarang
Calonarang
Klasik, yang diperkirakan muncul sekitar akhir abad XIX di daerah Gianyar Barat
(Batubulan, Singapadu, Sukawati), dibentuk oleh unsur-unsur Bebarongan,
Pegambuhan, dan Palegongan (tiga jenis seni pertunjukan klasik yang berkembang
baik di Kabupaten Gianyar). Unsur Babarongan diwakili oleh barong ket, rangda,
dan celuluk; Pegambuhan oleh condong, putri, patih manis (Panji) dan patih
keras (Pandung); dan Palegongan oleh sisia-sisia. Peran-peran penting lainnya
yang lahir dari dramatari ini sendiri adalah matah gede (wanita tua) dan
bondres (orang-orang desa yang berwatak lucu).
Pertunjukan Calonarang Klasik (seperti yang ada di Desa Singapadu, Batubulan, Sukawati, dan sekitarnya) mencakup tiga bagian:
a. pembukaan (pategak),
b. sajian tari dan drama (paigelan), terbagi atas tarian lepas (pangelembar) dan tarian berlakon (lampahan)
c. penutup (panyuwud).
Untuk mengawali pertunjukan, biasanya dimainkan tabuh pategak yang dimainkan dengan gamelan Bebarongan atau Semarpagulingan (belakangan ini gamelan gong kebyar juga banyak dipakai).
Calonarang Prembon pada intinya adalah dramatari Calonarang campuran (per-imbuh-an) yang memadukan elemen-elemen seni pertunjukan Bebarongan, Pegambuhan, Palegongan, dan Paarjaan. Peran-peran Paarjaan yang dimasukkan ke dalam Calonarang meliputi: inya, galuh, mantri manis, dan mantri buduh. Dalam pertunjukan dramatari Calonarang Prembon terjadi dialog antara peran-peran yang memakai dialog Pagambuhan dan yang memakai dialog bertembang (magending) seperti dalam Arja. Secara umum, struktur pertunjukan Calonarang Prembon tidak jauh berbeda dengan, bahkan dapat dikatakan mengikuti Calonarang Klasik.
Sejak tahun 1970-an Calonarang
Prembon menjadi semakin populer di masyarakat. Banyak yang memperkirakan bahwa
hal ini disebabkan oleh kemungkinan Calonarang Prembon yang sekaligus dapat memuaskan
selera pencinta Calonarang dan penggemar Arja. (sumber: tertulis Bapak I Wayan
Dibia)
3. Ludruk
Ludruk adalah
kesenian drama tradisional dari Jawa Timur. Ludruk merupakan suatu drama tradisional yang diperagakan oleh
sebuah grup kesenian yang di gelarkan disebuah panggung dengan mengambil cerita
tentang kehidupan rakyat sehari-hari, cerita perjuangan dan lain sebagainya
yang diselingi dengan lawakan dan diiringi dengan gamelan sebagai musik.
Dialog/monolog dalam ludruk bersifat menghibur dan membuat
penontonnya tertawa, menggunakan bahasa khas Surabaya, meski kadang-kadang ada bintang tamu dari daerah lain seperti Jombang, Malang, Madura, Madiun dengan logat yang berbeda. Bahasa lugas yang
digunakan pada ludruk, membuat dia mudah diserap oleh kalangan non intelek
(tukang becak, peronda, sopir angkutan umum, etc).
Sebuah pementasan ludruk biasa dimulai dengan Tari Remo dan diselingi dengan pementasan seorang tokoh yang memerakan
"Pak Sakera",
seorang jagoan Madura.
Ludruk berbeda dengan ketoprak dari Jawa Tengah. Cerita ketoprak sering diambil dari kisah zaman dulu (sejarah maupun dongeng), dan
bersifat menyampaikan pesan tertentu. Sementara ludruk menceritakan cerita
hidup sehari-hari (biasanya) kalangan wong cilik.
4. Ketoprak
Ketoprak (bahasa Jawa: kethoprak) adalah sejenis seni pentas yang berasal dari Jawa. Dalam sebuah pentasan ketoprak, sandiwara yang diselingi dengan lagu-lagu Jawa, yang diiringi dengan gamelan disajikan.
Tema cerita
dalam sebuah pertunjukan ketoprak bermacam-macam. Biasanya diambil dari cerita legenda atau sejarah Jawa. Banyak
pula diambil cerita dari luar negeri. Tetapi tema cerita tidak pernah diambil
dari repertoar cerita epos (wiracarita): Ramayana dan Mahabharata. Sebab nanti pertunjukkan bukan ketoprak lagi melainkan menjadi
pertunjukan wayang orang.
5. Gambuh
Tari Gambuh adalah Dramatari Bali
yang dianggap paling tinggi mutunya, merupakan Drama tari Klasik Bali yang
paling kaya dengan gerakan tari dan dianggap sebagai sumber segala jenis tari
klasik Bali, Gambuh berbentuk total theater dimana didalamnya terdapat unsur
seni tari ( yang paling dominant ), seni suara ,seni sastra, , seni drama dan
lain-lainnya . Di Bali gambuh diduga timbul sekitar abad ke xv yang lakonnya
bersumber pada ceritra Panji.
Pementasan gambuh dilakukan sehubungan dengan upacara-upacara besar seperti odalan yang dilakukan secara besar-besaran ( odalan yang disertai upacara madana ), upacara perkawinan anak bangsawan, upacara pelebon ( ngaben ) dan lain sebagainya. Gambuh diiringi dengan gambelan Pagambuhan yang berlaras Pelog saih pitu, tokoh-tokoh yang biasa ditampilkan adalah : Condong kakan-kakan, Putri, Arja , Panji ( Patih Manis ), Patih Keras ( Perabangsa ), Demang Temenggung, Turas, Panasar dan Prabu. Gambuh yang masih aktif kini bisa didapati di Desa Batuan ( Gianyar ), Padang Aji ( Karangasem ) Apit Yeh ( Tabanan ) dan Singapadu ( Gianyar )
Pementasan gambuh dilakukan sehubungan dengan upacara-upacara besar seperti odalan yang dilakukan secara besar-besaran ( odalan yang disertai upacara madana ), upacara perkawinan anak bangsawan, upacara pelebon ( ngaben ) dan lain sebagainya. Gambuh diiringi dengan gambelan Pagambuhan yang berlaras Pelog saih pitu, tokoh-tokoh yang biasa ditampilkan adalah : Condong kakan-kakan, Putri, Arja , Panji ( Patih Manis ), Patih Keras ( Perabangsa ), Demang Temenggung, Turas, Panasar dan Prabu. Gambuh yang masih aktif kini bisa didapati di Desa Batuan ( Gianyar ), Padang Aji ( Karangasem ) Apit Yeh ( Tabanan ) dan Singapadu ( Gianyar )
6. DRAMA TARI TOPENG
Topeng secara arti kata adalah suatu
benda penutup maka yang dibuat dari kayu, kertas, kain dan bahan lainnya
bentuknya bermacam-macam dari yang berbentuk Dewa-Dewa, Manusia, binatang dan
lain-lainnya. Di Bali topeng dipakai menyebutkan suatu bentuk drama tari yang
semua pelakunya menggunakan topeng dengan ceritra yang bersumber pada ceritra
sejarah maupun babad-babad.
Jenis-jenis Topeng yang ada di Bali adalah
Topeng Pajegan : topeng yang ditarikan oleh seorang aktor dengan memborong semua tugas-tugas yang terdapat di dalam topeng. Di dalam Topeng Pajegan ada sebuah topeng yang mutlak harus ada yakni topeng Sidakarya. Oleh karena demikian eratnya hubungan topeng pajegan ini dengan upacara keagamaan maka topeng inipun disebut topeng Wali.
Topeng Panca : Drama tari topeng yang ditarikan oleh 5 (lima) orang penari. Topeng ini timbul di Denpasar sekitar tahun 1915.
Topeng Prembon : Dramatari topeng yang sudah dikombinasikan dengan unsur drama tari Bali lainnya ( biasanya dari arja ) namun strukturnya patopengannya masih tetap dominan.
Baik topeng Pajegan, topeng Panca, maupun topeng Prembon biasanya diiringi dengan gambelan gong. Adapun peran-peran yang biasa ditampilkan dalam Dramatari topeng adalah Topeng Keras, Topeng Tua ( keduanya berfungsi sebagai pengelembar) Penasar, Topeng Arsawijaya (dalem), Patih dan Bebondressan.
Jenis-jenis Topeng yang ada di Bali adalah
Topeng Pajegan : topeng yang ditarikan oleh seorang aktor dengan memborong semua tugas-tugas yang terdapat di dalam topeng. Di dalam Topeng Pajegan ada sebuah topeng yang mutlak harus ada yakni topeng Sidakarya. Oleh karena demikian eratnya hubungan topeng pajegan ini dengan upacara keagamaan maka topeng inipun disebut topeng Wali.
Topeng Panca : Drama tari topeng yang ditarikan oleh 5 (lima) orang penari. Topeng ini timbul di Denpasar sekitar tahun 1915.
Topeng Prembon : Dramatari topeng yang sudah dikombinasikan dengan unsur drama tari Bali lainnya ( biasanya dari arja ) namun strukturnya patopengannya masih tetap dominan.
Baik topeng Pajegan, topeng Panca, maupun topeng Prembon biasanya diiringi dengan gambelan gong. Adapun peran-peran yang biasa ditampilkan dalam Dramatari topeng adalah Topeng Keras, Topeng Tua ( keduanya berfungsi sebagai pengelembar) Penasar, Topeng Arsawijaya (dalem), Patih dan Bebondressan.
7. DRAMA TARI WAYANG WONG
Wayang
wong adalah Seni pertunjukan Tradisional yang mengambil Epos Ramayana yang
dimainkan oleh tokoh manusia dengan kostum yang telah di sesuaikan dan memakai
topeng sesuai dengan tokoh karakter masing-masing.
Wayang wong pada umumnya diiringi oleh tabuh bebatelan, dimana pertunjukan ini sejenis Parwa, Dramatari gambuh dan drama tari cupak grantang.
Namun wayang wong melibatkan banyak pemain / tokoh dan memiliki ciri khas tersendiri misalnya, memakai tokoh kera, paksi (Burung, raksasa dll.). Kalau diartikan wayang berarti bayangan atau ceritera yang diangkat dari seni pewayangan, sedangkan Wong berarti manusia.
Wayang wong pada umumnya diiringi oleh tabuh bebatelan, dimana pertunjukan ini sejenis Parwa, Dramatari gambuh dan drama tari cupak grantang.
Namun wayang wong melibatkan banyak pemain / tokoh dan memiliki ciri khas tersendiri misalnya, memakai tokoh kera, paksi (Burung, raksasa dll.). Kalau diartikan wayang berarti bayangan atau ceritera yang diangkat dari seni pewayangan, sedangkan Wong berarti manusia.
Jadi
wayang wong maksudnya tokoh pewayangan dimainkan oleh manusia.Wayang wong
biasanya secara tradisional, sekaanya / groupnya pada umumnya beranggotakan
dari krama pamaksan pura dan dengan perkembangan jaman wayang pun sampai saat
sekarang ini biasanya berfungsi ganda, misalnya disamping merupakan tarian
sakral ( Wali ) juga merupakan tarian Bebali dan Balih Balihan, serta tidak
jarang dipublikasikan lewat media seperti Televisi, Radio dll.
0 komentar:
Posting Komentar