Cara Membuat Laporan Yang Benar

Minggu, 04 Agustus 2013
  Pengertian Laporan
Laporan adalah karya tulis ilmiah yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang berhubungan secara struktural atau kedinasan setelah melaksanakan tugas yang diberikan. Laporan dibuat sebagai bukti penanggung jawaban bawahan/petugas atau tim/panitia kepada atasannya atas pelaksanaan tugas yang diberikan.laporan harus memuat data yang tepat dan benar serta objektif dan sistematis sehingga dapat dijadikan ukuran untukmembuat pertimbangan dan keputusan. Berdasarkan sifat penyajiannya, laporan dibedakan menjadi laporan foraml dan laporan informal.
 B.   Sistematika Laporan Ilmiah
Laporan ilmiah dapat berbentuk naskah atau buku karena berisi hal-hal yang terperinci berkaitan dengan data-data yang akurat dan lengkap. Laporan Ilmiah atau laporan foramal teridiri atas :
1.      Bagian awal Terdiri atas:
a.       Halaman Judul : Judul, maksud, tujuan penulisan, identitas penulis, instansi asal, kota penyusunan dan tahun,
b.      Halaman pengesahan (bila perlu)
c.       Halaman/semboyan (jika perlu)
d.      Halaman persembahan (jika perlu)
e.       Prakata
f.       Daftar isi
g.       Daftar tabel (jika ada)
h.      Daftar grafik (jika ada)
i.        Daftar gambar (jika ada)
j.        Abstak: uraian singkat tenteng isi laporan
2.      Bagian isi
a.       BAB I Pendahuluan berisi tentang
1.      Latar belakang
2.      Identitas masalah
3.      Pembatasan masalah
4.      Rumusan masalah
5.      Tujuan dan manfaat
b.      BAB II : Kajian Pustaka
c.       BAB III: Metode
d.      BAB IV : Pembahasan
e.       BAB V : Penutup
3.      Bagian Akhir
a.       Daftar Pustaka
b.      Daftar Lampiran
c.       Indeks : Daftar istilah
C.   Langkah-Langkah membuat laporan
Agar dapat menyusun laporan yang baik dan efektif, perlu dipersiapkan dengan matang. Hal-hal yang perlu dilakukan adalah seperti berikut
1.      Menetapkan tujuan laporan
Pembuat laporan harus tahu, untuk apa laporan dibuat dan siapa yang akan membaca laporan tersebut.
2.      Menentukan Bahan laporan
Bahan-bahan laporan yang dapat digunakan adalah:
1)      Surat-surat Keputusan
2)      Notolen hasil rapat
3)      Buku-buku pedoman
4)      Hasil kegiatan
5)      Hasil penelitian
6)      Hasil diskusi
3.      Menentukan cara pengumpulan data
Cara pengumpulan data yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut
1)      Membuat petunjuk pelaksanaan bagi peneliti yang menjelaskan sasaran dan penyesuain kegiatan.
2)      Melakukan wawancara
3)      Mengumpulkan dokumen pelaksanaan kegiatan
4)      Penyusunan daftar pengecekan untuk melihat data yang ada dan yang tidak ada
4.      Mengevaluasi data
Data yang telah dikumpulkan dievaluasi untuk dibuat suatu simpulan.
5.      Membuat kerangka laporan
Kerangka laporan dibuat sesuai dengan sistematika laporan.


0 komentar:

Posting Komentar