Cara mengecek Alexa Rank blog

Kamis, 23 Mei 2013



google alexa.jpgTulisan ini adalah lanjutan dari sebelum nya Membuat fitur pe nerjemah di peramban opera dengan memanfaatkan fitur “add search engine” pada opera yang “diselewengkan” penggunaannya menjadi mesin penerjemah. Dan cara ini di tujukan untuk para pengguna opera browser yang ingin mengecek nilai ranking halaman dan Alexa sebuah situs atau blog dengan praktis, cepat dan mudah dengan memanfaatkan fitur “add search engine” pada opera menjadi pagerank checker danalexa rank checker.
Untuk definisi pagerank dan alexa rank sendiri sudah banyak informasi tersedia di internet yang menjelaskan kedua istilah tersebut, jadi bagian itu saya lewati saja.

Cek pagerank dengan mudah dan cepat lewat opera mini

Pertama buat dulu mesin pengecek pagerank di opera dengan memanfaatkan fitur add search engine. Caranya :
  • Buka salah satu situs yang menyediakan layanan pagerank checker contoh disini adalahcheckpagerank.net.
  • Arahkan kursor ke kotak teks pengisian URL website (text box) lalu tekan “tombol pilih” agak lama atau bisa juga tekan angka 1 untuk ponsel dengan qwerty keypad, sampai muncul tulisan “add search engine” lalu klik (pilih).
  • Selanjutnya beri judul pada search engine, contoh “pagerank checker” lalu klik add, selesai lihat gambar.
pagerank checker opera
Untuk penggunaanya ikuti langkah berikut ini :
  • Buka situs / blog yang ingin dicek pageranknya melalui opera mini. Tapi sebelumnya pastikan dulu Pagerank engine yang sudah dibuat tadi dalam status aktif/default (ditandai dengan bulatan hijau+tanda centang ditengahnya)
  • Tekan #1 untuk membuka address bar dan melihat URL halaman web yang sedang dibuka. lalu gulir navigasi ke bawah (scroll down) sehingga URL web beralih ke mode pencarian lalu klik Go.lihat gambar,
    pagerank engine opera
Dan hasilnya situs checkpagerank.net pun akan menampilkan berapa pagerank dari web tersebut. Mungkin ada yang bertanya bagaimana dengan kode captcha atau tes matematika yang harus diisi terlebih dahulu?.
Percaya atau tidak dengan cara ini situs checkpagerank.net kadang langsung memberikan hasilnya tanpa harus mengisi kode captcha dulu. Sudah saya buktikan sendiri. Tapi jangan bilang-bilang ya :D kalau toh diminta untuk untuk mengisi captcha dulu ya tinggal diisi saja.
Sebagai tambahan berikut ini adalah beberapa situs lain penyedia layanan pagerank checker :

Cek Alexa rank dengan mudah dan cepat lewat opera mini

Kalau di peramban komputer seperti firefox bisa ditambahkan alexa toolbar, sebuah widget yang berguna untuk mengetahui rangking suatu web di internet dari segi traffic maka di opera mini pun bisa ditambahkan fitur pengecek rangking Alexa dengan memanfaatkan layanan “add search engine” dari opera.
Cara membuat dan penggunaannya sama dengan pagerank checker tadi, bedanya kotak teks pengisian URL website (text box) yang dijadikan search engine ada di halamanhttp://www.alexa.com/siteinfo. Lihat gambar.
alexa opera mini
Demikian sedikit tips dan trick cara praktis cek pagerank dan alexa rank dengan menggunakan peramban opera semoga bermanfaat.

1 komentar:

bakoelstore mengatakan...

thanks infonya...

by www.bakoelstore.com

Posting Komentar