Nge-Dj dengan VIrtual Dj

Senin, 13 Mei 2013

 Anda suka mendengarkan musik yang beraliran House, Electro, Progressive, Trance dan sejenisnya? Anda kagum dengan atraksi seorang DJ ketika memainkan turntable? Tak perlu repot-repot merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk membeli satu set turntable yang harganya masih sangat mahal apalagi mengambil kursus DJ. Sudah menjadi rahasia umum, teknik yang sering dipakai ketika DJ-ing yaitu mixing.


Dalam hal ini kita mampu memilah-milah musik dengan tempo yang sama dan menyatukan kedua atau lebih musik menjadi sebuah musik baru yang utuh dan tentu saja enak didengar. Dan semua itu bisa Anda lakukan dengan VirtualDJ.
Aplikasi buatan Atomix Productions ini mampu melakukan semua fitur yang dimiliki oleh turntable pada umumnya. Tergantung jenis skin yang digunakan, VirtualDJ mampu memiliki fitur yang berbeda-beda. VirtualDJ dapat diunduh http://www.virtualdj.com terdapat versi gratis dan berbayar yang dapat Anda pilih.
Tidak ada perbedaan mencolok dari kedua versi tersebut, hanya khusus untuk versi berbayar Anda dibebaskan mengganti skin, menambah beberapa efek khusus, dan menambah koleksi sample. Setelah menginstal aplikasi tersebut mari kita telusuri apa saja fitur standar yang dimiliki oleh VirtualDJ.
Pada tampilan awal VirtualDJ Anda akan mendapati 2 deck turntable yang memiliki panel control di masing-masing deck. Di bagian tengah terdapat tombol “MIXER”, “VIDEO” dan “SCRATCH”Di bagian atas akan menampilkan tampilan spectrum dari musik yang telah Anda load di tiap deck. Di bagian bawah terdapat tombol “BROWSER”yang akan membantu Anda memilah musik koleksi Anda, “SAMPLER” yang akan menampilkan dan memainkan koleksi sample Anda, “EFFECTS” yang dapat memanipulasi efek suara musik di tiap deck dan “RECORD” yang mampu merekam aksi Anda saat memainkan musik dan terdapat tombol cepat untuk tiap efek yang bisa Anda temukan di tombol “EFFECTS” di tiap deck.
Setelah memilah musik yang menurut Anda cocok untuk di-mixing, drag dan drop musik ke masing-masing deck. Dan perhatikan di meter BPM (Beat PerMinute) di tiap deck apakah sama, jika belum Anda bisa meng-klik tombol “SYNC” yang terdapat di tiap deck. Anda bisa memanfaatkan shortcut keyboard agar lebih mudah dalam memakai VirtualDJ. Lalu lakukan beberapa langkah berikut ini:
  • Mainkan sesaat musik yang telah Anda load di salah satu deck, dengan menekan tombol spasi.
  • Tekan tombol TAB untuk berpindah deck.
  • Ketika Anda menemui bagian dari musik yang tepat untuk di-mix tekan tombol spasi untuk memainkan lagu di deck tersebut, lalu klik tombol “SYNC” di deck yang baru saja Anda mainkan musiknya.
  • Agar lebih mudah menentukan bagian-bagian musik Anda bisa memantau tampilan spectrum di bagian atas yang akan berwarna biru atau merah saat deck sedang dipilih. Jika Anda ingin memainkan sejumlah musik Anda bisa memanfaatkan fitur Playlist dengan mendrag musik ke bagian kanan di kolom Browser yang akan menampilkan kolom Playlist, drop file musik favorit Anda di kolom tersebut dengan begitu Anda tak perlu repot-repot mencari-cari musik di folder musik Anda.
Lakukan langkah di atas secara berulang kali sampai Anda terbiasa memakai VirtualDJ dan mampu memilih bagian musik yang tepat untuk di-mix. Siapa tahu Anda memiliki bakat terpendam untuk menjadi seorang DJ atau composer. Nah, Selamat mencoba!

0 komentar:

Poskan Komentar