Penyebab Laptop Cepat Panas dan Solusinya

Senin, 10 Juni 2013
 Pada kesempatan ini blog wowi akan memberikan informasi menarik seputar alat elektronik yang saat ini semakin menjamur di kalangan masyarakat luas. Perangkat yang dimaksud disini yaitu Laptop. Anda yang membaca artikel ini mungkin sedang mengalami masalah tentang laptop maka dari itu saya akan membahas tuntas tentang penyebab laptop cepat panas.

Sebelumnya saya juga pernah memiliki laptop dan laptop tersebut sudah berumur sekitar 8 bulan. Karena sering saya pakai untuk bermain game akhirnya baterai saya drop. Pada saat itu masih dalam kondisi garansi akhirnya saya garansikan baterainya. Setelah beberapa hari baterai laptop diganti dengan yang baru. Setelah saya pakai sekitar 3 bulan, laptop saya mengalami panas yang begitu cepat yang sering disebut dengan Overheating. Masalah ini sangat serius dan mengganggu bagi pekerjaan saya karena setiap kali laptop dihidupkan beberapa menit tiba-tiba panas dan mati. Itulah yang mengganggu aktifitas saya dalam mengerjakan tugas-tugas.


Akhirnya saya cari-cari buku dan belajar tentang hardware laptop dan saya mengetahui penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut. Penyebab laptop mati secara tiba-tiba ada dua kemungkinan yaitu dari faktor software dan hardware. Pada software laptop yang terkena virus biasanya sering mengalami hal demikian jadi silahkan scan laptop dengan antivirus lokal maupun internasional untuk menghilangkan virus yang ada. Jika laptop benar-benar bersih dari virus maka kemungkinan yang kedua yaitu dari hardwarenya. Jika hardware cepat panas hal itu akan menyebabkan laptop mati dengan tiba-tiba. Apa penyebabnya?.. silahkan baca dibawah ini.

Sebenarnya penyebab laptop cepat panas yaitu karena aktifitas yang salah terhadap pemakaian laptop kita yatu sbb:

Penyebab Laptop Cepat Panas
  1. Menempatkan laptop pada tempat yang lembut misalnya tempat tidur. Hal itu salah karena permukaan yang tidak rata akan menyebabkan fan/kipas laptop tidak bisa bekerja dengan maksimal untuk mendinginkan hardwarenya.
  2. Hardaware kotor, karena pemakaian yang relatif lama sehingga pada bagian dalam hardware penuh dengan debu sehingga fan/kipas laptop tida dapat berputar secara maksimal dan membuat kinerja laptop semakin berat sehingga menyebabkan panas dan laptop mati.
  3. Pasta Processor sudah habis/kering. Di dalam laptop terdapat processor dan pendingin dan diantara keduanya terdapat pasta processor berfungsi merapatkan atau menutupi rongga udara yang terdapat antara processor dan pendinginya sehingga proses pendinginan processor tersebut maksimal. Jika pasta habis maka proses menyalurkan panas dari processor ke pendingin akan terhambat dan hal tersebut menyebabkan laptop cepat panas dan mati.
Itu adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan laptop cepat panas dan mati tiba-tiba. Memang hal itu sangat mengganggu namun dapat diatasi dengan cara dibawah ini:

Solusi Penyebab Laptop Cepat Panas
  1. Bawa ke tukang service laptop sehingga laptop akan di bersihkan dan dapat bekerja secara maksimal.
  2. Membersihkan sendiri. Hal ini butuh keahlian khusus namun hanya perlu belajar sedikit demi sekdikit. Dulu laptop saya juga saya bersihkan dan saya ganti pastanya sendiri sehingga saat ini bisa bekerja dengan normal.
Untuk solusi yang nomor 2 anda butuh belajar, dan jika anda ingin belajar tentang seluk beluk laptop anda dapat membeli ebook yang berjudul “Teknisi Laptop”. Dengan membeli buku ini anda akan mendapatkan ilmu dan bisa menangani masalah-masalah pada laptop. Jika sudah mahir anda juga bisa memanfaatkan ilmu yang didapat untuk mencari penghasilan dengan membukan service laptop.

Jika dibayangkan, laptop saat ini sudah banyak yang punya namun masih jarang yang bisa memperbaikinya sendiri. Kebanyakan orang-orang sudah sibuk dengan dunia mereka masing-masing sehingga kurang bisa memanfaatkan hal ini. Jika anda bisa menguasai hal ini saya rasa akan menjadi bisnis yang menguntungkan bagi anda sendiri dan bagi orang lain.

Untuk belajar menjadi “Teknisi Laptop” Anda bisa membeli ebooknya di sini:


Sebenarnya harga per satuan dari ebook tersebut sekitar Rp. 134.000,- namun karena sedang promo besar besaran anda bisa mendapatkan 6 ebook hanya dengan harga Rp. 197.000,-

6 Ebook yang anda dapatkan yaitu:
  1. Panduan Teknisi PC
  2. Panduan Teknisi Laptop
  3. Motherboard PC Repair
  4. Jaringan Komputer
  5. Troubleshooting Laptop
  6. Memperbaiki Monitor LCD
Inilah yang disebut dengan sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Selain bisa memperbaiki laptop juga bisa membuka service. Selain bisa tekniki laptop juga bisa mereparasi peralatan elektronik lainnya. Nah itu tadi mengenai pengalaman saya tentang Penyebab Laptop Cepat Panas dan Solusinya. Semoga bermanfaat

0 komentar:

Poskan Komentar