Cara Menulis Essay yang Baik dan Benar

Kamis, 03 Oktober 2013
Mungkin anda bertanya bagaimana cara menulis essay? Menurut beberapa sumber di internet ternyata cara menulis essay tidak seseram apa yang ada di pikiran kita. Mengarang ada dalam essay dengan menuangkan kata-kata dalam kalimat-kalimat, namun keterhubungan antar kalimat harus ada.

Makna

Dalam KBBI negara kita Essay disebut esai adalah prosa yang di dalamnya membahas tentang sesuatu berdasarkan topik namun dalam sudut pandang yang menulisnya. Cara menulisnya dapat anda lihat di surat-surat kabar yang ada dan beredar di mana-mana. Publikasi Essay bisa melalui macam-macam media seperti di halaman opini koran atau sebuah majalah. Kolom essay disediakan di koran-koran dan anda bisa menuliskan opini anda di sana melalui persetujuan dari redaksinya.

Ada yang mengatakan Essay dan opini itu sama namun sebenarnya ada bedanya yaitu essay itu karya tulisnya sedangkan opini itu adalah isinya.

Cara menulis essay itu bagaimana sih?

Sebelumya Anda harus membuat sebuah topik sebelum menulis sebuah essay. Dari pertanyan itu anda bisa memberikan beberapa jawaban yang mampu meberikan solusi bagi jawaban-jawaban sebelumnya. Dari jawaban-jawaban terakhir anda maka anda bisa mengambil kata kunci yang dapat di analisis lebih dalam sehingga memberikan sebuah tulisan yang bagus.

Menulis Essay mempunyai cara tertentu dengan menyesuaikan materi topiknya menurut kemampuan anda. Gaya tulisan bisa lugas, tidak perlu menggunakan kata-kata personifikasi yang rumit sehingga tidak bisa di pahami. Intinya adalah memaparkan dengan cara yang di mengerti oleh banyak orang. Tulislah essay anda dengan cara mempermainkan empati pembaca dan gaya bahasa yang mampu meyakinkan banyak orang.

Membaca adalah hal yang Anda perlukan untuk pengembangan kata kunci ini. Bacalah secara berulang sesuatu yang berhubungan dengan kata kunci yang anda pilih agar mampu mengembangkannya dengan baik sehingga argumen-argumen anda dalam menjawab pertanyaan sebelumnya dengan baik dan tidak rancu. Namun jika anda ingin mengembangkan essay anda maka bacaan yang harus anda baca seharusnya seperti di bawah ini :

- Lihatlah hubungan antara topik dengan bacaan Anda.

- Apakah jawaban Anda didukung oleh apa yang anda baca?

- Bacaan harus mendukung argumen-argumen Anda.

- Bacalah literatur atau apapun yang mendukung bacaan Anda.

Nah setelah Anda membaca dengan aturan di atas maka yang perlu anda lakukan adalah mencari jawaban-jawaban berdasarkan pertanyaan sebelumnya, namun anda harus mebiasakan diri mencatat apa saja yang mendukung essay anda. Catat seteliti mungkin dengan memberikan poin penting pada catatan anda karena sebagai manusia tidak semua dari kita memiliki ingatan yang baik.

Selanjutnya Susunlah Ide anda dan mulai menulis

Pertanyaan sudah Anda pegang untuk sebuah topik dan anda sudah melakukan langkah-langkah di atas. Kemudian yang perlu anda lakukan adalah menyusun pertanyaan-pertanyaan itu nda kaji catatan yang ada dan menentukan poin-poin mana yang terlebih dahulu yang harus anda lakukan.

Kerangka dasar yang harus anda buat adalah cara yang sederhana namun baik untuk menemukan jawaban-jawaban anda atas pertanyan-pertanyaan yang anda susun tadi. Kerangka dasar tersebut seperti:

Membuat Pendahuluan

Cerita singkat dari ide pertanyaan dan jawaban yang sudah anda persiapkan dari tadi adalah apa yang di bahas di pendahuluan ini. Fungsi dari pendahuluan adalah membahas masalah sedikit dan pengembangannya sampai di mana tanpa harus mendetail.

Mengembangkan Isi atau membuat isi

Bagian ini adalah bagian terpenting di mana isi essay anda karena jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ada di sini serta argumen-argumen tambahan berdasarkan jwaban-jawaban harus sinkron dan tidak boleh saling asing. Dukungan teori-teori dari sumber lain seperti buku perlu sebagai acuan pendukung keabsahannya sehingga tidak terkesan tulisan asal-asalan.

Kesimpulan

Bagian ini adalah anda menunjukkan jawaban dari pertanyaan yang telah di buat sebelumnya. Tidak di sarankan memberikan info baru dari isi karena kesimpulan adalah inti sari dari isi yang di utarakan.

0 komentar:

Posting Komentar