Apa itu Musik Dubstep ?

Senin, 10 Juni 2013
Sejarah-Musik-Dubstep
Dubstep adalah genre musik dansa elektronik yang berasal dari London Tenggara, awalnya hanya menjadi salah satu tema bagi kalangan tertentu saat merayakan pesta.
Musik Dubstep mulai ramai dibicarakan pada 2001 di kalangan anak muda London, Inggris. Dubstep populer buat anak muda yang suka bereksperimen dengan musik garasi. Dengan makin maraknya musik-musik remix juga ikut membuat jenis musik ini tersebar luas.
Pakar dubstep di luar negeri boleh dibilang sangat banyak, seperti Skrillex (ex From First To Last), Excition, Zomboy, Kill The Noise, Noisia, dan masih banyak lagi.
Musik dubstep makin sering didengar di radio, tercatat pada 2003 oleh Dj Jhon Peel yang memainkannya di BBC radio dan Dj Mary Anne Hobbs yang juga memperjuangkan dubstep sebagai
salah satu genre musik.
Ciri mendasar dari musik dubstep adalah ritme yang tidak mengikuti hitungan 4/4 seperti yang digunakan oleh genre musik techno dan house. Bassline dalam dubstep juga cenderung lebih tebal.
Di Indonesia, sebenarnya sudah banyak acara dubstep yang dibuat, salah satunya acara rutin, yakni ‘24/7 Dubstep’ dan ‘Agriculture’.
dubstep_tree_1020
bisa dibilang inilah urutannya yaitu disco, house, baltimore, hiphop, till dubstep (DNB indeed), bisa kita lihat dubstep mengalami perubahan terbesar ketika music ini bisa diterima oleh kalangan pencinta rave party dan menjdi pengganti bagi music electronic, ketika music techno masuk kembali ke dasar music maka lahirla dubstep, beberapa orang yang belum pernah mendengar dubstep mungkin akan berpikir music dubstep sangat menggangu kuping, karena memang untuk beberapa suara sangat berdengung bahkan terdengar asing, layaknya sebuah kuku yang di gesek ke papan tulis, menggangu bukan !!!, tapi ini bisa menjadi nyaman ketika instrumen lain di masukan, nah seperti itulah dubstep.
Tips Dubstep
Bagi kamu yang ingin mencoba membuat salah satu jenis musik yang sedang hit saat ini, berikut sedikit tipsnya :
1. Baca dulu sejarah dubstep dari pertama kali ia muncul hingga perkembangannya saat ini, coba bandingkan apa saja perubahannya.
2. Sering tengok video dan juga dengerin lagu-lagu dubstep untuk menambah referensi dalam bermusik dan juga untuk melihat gaya mana yang lebih cocok. Tinggal browsing banyak banget referensi.
3. Kalau sudah tahu sejarah dan dengerin lagu-lagu dubstep, tahap selanjutnya adalah mencari software yang cocok untuk pribadi masing-masing. Setiap software pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. http://hendynoize.net
4. Coba untuk membuat dubstep, lihat tutorial atau bagaimana cara ngemix lagu dari software tersebut berdasarkan tutorialnya

0 komentar:

Poskan Komentar