Cara menyembunyikan Data Paling Ampuh, Ke bentuk JPG !!

Selasa, 23 Juli 2013


Menyembunyikan File Didalam File Gambar JPGJika ingin menyembunyikan file (hidden file) pada hard disk drive, anda mungkin telah membaca banyak artikel bagaimana cara menyembunyikan sebuah file. Metode yang digunakan diantaranta adalah dengan cara merubah attribute suatu file agar file tersebut tidak terlihat secara kasat mata. Selain merubah attribute file, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menyembunyikan file mengenkripsi data, membuat password file dan beragam cara lainnya.
Diantara banyak cara tersebut, ada cara yang mungkin tidak pernah anda bayangkan sebelumnya yaitu menyembunyikan file di dalam sebuah gambar berformat JPG. Tips ini merupakan tips sederhana karena hanya memerlukan sebuah aplikasi untuk mengkompress file seperti WinZipWinRar atau 7Zip dan sebuah DOS Command dari sistem operasi Windows.
Anda dapat menyembunyikan berbagai macam file, mulai dari file text, music, video, gambar atau file lain. Nilai lebihnya, anda tidak perlu lagi terganggu dengan enkripsi, code program dan hal teknis yang lain.
Sebagai contoh, sekarang kita coba praktekkan bagaimana menyembunyikan file dalam sebuah gambar JPG dengan menggunakan aplikasi 7Zip dan DOS Command.
  • Buat sebuah folder pada drive D dengan nama test (Nama folder test hanya sebagai contoh, anda dapat menggantinya dengan nama yang anda inginkan).
  • Copy semua file yang ingin kita sembunyikan dan copy sebuah file gambar berformat JPG pada folder yang baru saja kita buat.
  • Perhatikan ukuran asli file-gambar.jpg.
    Ukuran asli file Gambar
  • Drag semua file kecuali file gambar, klik kanan file tersebut dan buat archive dari file-file tersebut. Pada contoh, kami menggunakan aplikasi 7Zip dan mengkompressnya dalam bentuk ZIP dengan nama test.zip. Jika diinginkan, anda bisa mengkompress dalam bentuk lain seperti RAR yang merupakan default dari WinRAR.
    Add to Zip menggunakan aplikasi 7Zip
  • Sekarang, ini bagian yang paling menyenangkan! Buka DOS Command dengan cara klik tombol StartRun, kemudian ketik CMD dan tekan tombol enter.
    Start, Run dan ketik CMD kemudian tekan tombol OK
  • Ketik D: kemudian tekan tombol enter.
  • Masuk ke direktori yang telah kita buat dengan cara ketik cd test, kemudian tekan tombol enter.
    copy /b file-gambar.jpg + test.zip file-gambar.jpg
  • Ketik copy /b file-gambar.jpg + test.zip file-gambar.jpg dan kemudian tekan enter.
  • Lihat kembali folder test dan lihat kapasitas file-gambar.jpg yang sebelumnya hanya berkisar 6.05 KB sekarang menjadi 6.15 MB. Hal tersebut menunjukkan kalauu file-text.txt dan file-mp3.mp3 sudah ada di dalam file-gambar.jpg.
    Kapasitas file yang berubah menjadi lebih besar setelah digabung dengan file lain
  • Sekarang, coba anda buka file-gambar.jpg dengan menggunakan aplikasi 7Zip.
    Membuka file gambar dengan aplikasi ZIP
  • Anda dapat melihat didalam file tersebut terdapat dua file yang merupakan bagian lain dari gambar. Untuk kembali melihat isi file, anda bisa mengkstrak ke folder lain dan membuka isinya.
    List file ZIP
Jika menggunakannya untuk menyembunyikan file dengan kapasitas yang besar seperti video atau music, kemungkinan orang lain akan curiga karena ada kejanggalan dengan kapasitas yang terlalu besar untuk sebuah file JPG. Metode ini akan sangat efektif jika ingin menyembunyikan file text yang biasanya mempunyai kapasitas yang lebih kecil dari file lain.
Kesimpulan!
Sekarang, tanpa program enkripsi sekalipun, anda bisa menyembunyikan file tanpa harus ketahuan orang lain. Metode ini juga dapat anda gunakan saat mengirim file “rahasia” ke orang lain melalui email dengan menyertakannya dalam file attachment.


0 komentar:

Poskan Komentar