Perbedaan Retina Display dan Amoled

Kamis, 19 Desember 2013

Teknologi layar adalah salah satu hal di mana banyak orang berat ketika memutuskan untuk mendapatkan gadget terbaru, apakah itu ponsel, tablet, dan sejenisnya. Sekarang ini, ada dua istialh baru untuk layar, AMOLED dan retina display. Perbedaan utama antara layar AMOLED dan retina display adalah komposisi aktual dari setiap pixel. Retina display menggunakan teknologi LCD, mirip dengan apa yang Anda temukan pada perangkat saat ini dan menggunakan lampu latar (backlight). AMOLED, yang merupakan singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Dioda, menggunakan tiga LED diskrit untuk setiap pixel di seluruh layar sehingga menghasilkan cahaya sendiri dan tidak membutuhkan backlight.


Keunggulan dari retina display atas semua display lainnya adalah resolusi lebih tinggi. Apple mengklaim bahwa resolusi tinggi layar mereka adalah melebihi mata kebanyakan orang dapat membedakan. Hal ini membuat gambar yang sangat halus. Kebanyakan layar AMOLED yang tersedia saat ini tidak mampu bersaing dalam hal pixel per inci, tetapi teknologi baru ini memungkinkan teknologi baru untuk bersaing dengan segera.

Keuntungan terbesar dari layar AMOLED adalah kontras dekat yang tak terbatas. Hal ini karena setiap pixel menghasilkan cahaya sendiri dan dapat dimatikan ketika hitam perlu ditampilkan. Ini tidak dapat dicapai oleh retina display karena latar belakangnya. Bahkan ketika LCD mencoba untuk memblokir cahaya, sejumlah ruang masih mampu ditembus dan menghasilkan warna keabu-abuan. Kelemahan layar AMOLED adalah visibilitas berkurang ketika digunakan di bawah sinar matahari langsung. Karena layar menghasilkan cahaya sendiri, cahaya matahari bisa mengalahkan.

Keuntungan lain layar AMOLED adalah kenyataan bahwa setiap piksel yang menampilkan hitam hampir tidak mengkonsumsi daya karena tidak menghasilkan cahaya. Hal ini menghasilkan penghematan energi yang besar jika Anda menggunakan latar belakang hitam bukan putih. Sebuah contoh yang baik dari ini adalah ketika membaca e-book, karena sebagian besar softwaree-book reader memungkinkan untuk mem-flip warna; menampilkan teks putih pada latar belakang hitam. Anda masih dapat flip warna di retina display tetapi daya yang dihemat, karena lampu latar belakang layar masih menyala.

Ringkasan:

    Retina display menggunakan LCD sementara layar AMOLED menggunakan LED
    Retina display cenderung memiliki resolusi lebih tinggi dari layar AMOLED
    Layar AMOLED memberikan kontras yang lebih baik dari retina display
    Layar AMOLED memiliki keterbacaan rendah di bawah sinar matahari langsung dibanding retina display
    Layar AMOLED cenderung lebih efisien dayanya daripada retina display

0 komentar:

Poskan Komentar